Definisi Penyedia Jasa

Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller dalam buku berjudul “Marketing Management” (2016:422) disebutkan bahwa jasa adalah tindakan atau kinerja dari satu pihak untuk menawarkan pihak yang lain bahwa pada dasarnya jasa itu tidak berwujud dan tidak melibatkan kepemilikan untuk siapapun. Produksinya mungkin atau mungkin tidak terikat pada sebuah produk fisik. Produsen, distributor dan pengecer sebagai penyedia pelayanan untuk menambahkan nilai tambah atau bahkan customer service yang baik untuk mendiferensiasikan dengan perusahaan pesaing. Kebanyakan perusahaan murni jasa sekarang sudah menggunakan internet untuk mencapai konsumen, bahkan beberapa sudah menggunakan basis online secara penuh. Selain itu, sebagian lainnya sudah menggunakan jasa social media marketing untuk meningkatkan pemasaran di media sosial.

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam buku berjudul “Principles of Marketing” (2014:224) disebutkan bahwa jasa adalah sebuah bentuk produk yang terdiri dari aktivitas, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan oleh pihak manapun. Contohnya termasuk perbankan, pelayanan hotel, perjalanan udara, toko ritel, komunikasi nirkabel dan jasa perbaikan rumah

Beberapa definisi di atas memberikan kesimpulan bahwa jasa adalah kegiatan, aktivitas dengan hasil yang tidak berwujud, untuk memenuhi kebutuhan dan tidak harus terikat penjualan produk atau jasa lain yang ditawarkan oleh penyedia jasa yaitu perusahaan kepada pengguna jasa atau konsumen. Seiring berkembangnya zaman, sekarang ada yang namanya jasa social media marketing yang memang khusus mengelola pemasaran di media sosial.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai