Kinerja Keuangan Perusahaan

Pengertian kinerja berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001) diartikan sebagai “sesuatu yang dicapai, prestasi yang diperlihatkan, kemampuan kerja (tentang peralatan). Berdasarkan pengertian tersebut kinerja keuangan didefinisikan sebagai prestasi manajemen, dalam hal ini manajemen keuangan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai perusahaan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.

Tanggung jawab manajemen adalah untuk meningkatkan kinerja keuangan. Berdasarkan slackresource theory (Waddock dan Graves, 1997) peningkatan kinerja keuangan membuat perusahaan memiliki lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan kinerja sosial pada semua aspek.

Profitablitas merupakan factor yang membuat menajemen menjadi bebas dan fleksibel untuk mengungkapkan pertanggungjawaban sosial kepada pemegang saham (Heinze dalam Anggraini, 2007). Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan maka semakin besar pengungkapan informasi sosial (Bowman dan Haire dalam Anggraini, 2007).

Perusahaan-perusahaan yang telah mengungkapkan lebih banyak informasi yang dibutuhkan oleh investor akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan-perusahaan yang melakukan pengungkapan diharapkan menjadi pendorong naiknya harga dan volume penjualan saham. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sosial dalam laporan tahunan dengan reaksi investor dimana reaksi investor dicerminkan melalui volume perdagangan saham. Apakah nantinya investor bereaksi atau tidak dapat terlihat dari adanya unexpected trading volume, yaitu selisih antara volume perdagangan sesungguhnya terjadi dengan volume perdagangan normal.

Penelitian ini akan menggunakan ukuran yang digunakan oleh Mahoney dan Roberts (2003). Penggunaan ukuran untuk kinerja keuangan perusahaan adalah berdasarkan pada pemikiran bahwa ukuran yang dapat mengindikasikan entitas kinerja yang tidak hanya dipengaruhi oleh perbedaan ukuran suatu perusahaan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya. ROA tidak hanya aspek profit tetapi juga yang berhubungan dengan asset yang digunakan untuk meningkatkan profit.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai